• With The Knowledge We Will Get Everything

    Pengenalan HTML ( Hyper Text Markup Language )


    World Wide Web


    Internet merupakan jaringan global yang menghubungkan suatu network dengan network lainnya di seluruh dunia, TCP/IP menjadi protocol penghubung antara jaringan - jaringan yang beragam diseluruh dunia untuk dapat berkomunikasi. World Wide Web ( WWW ) merupakan bagian dari internet yang paling cepat berkembang dan paling populer.
    WWW bekerja berdasarkan pada tiga mekanisme berikut :

    • Protocol standard aturan yang digunakan untuk berkomunikasi pada computer networking, HyperText Transfer Protocol ( HTTP ) adalah protocol untuk WWW.
    • Address WWW memiliki aturan penamaan alamat web yaitu URL ( Uniform Resource Locator ) yang digunakan sebagai standard alamat internet.
    • HTML digunakan untuk membuat dokumen yang bisa diakses melalui web.
    HTML ( HyperText Markup Language )

    HyperText Markup Language merupakan standar bahasa yang digunakan untuk menampilkan dokumen web, yang bisa anda lakukan dengan HTML yaitu :
    • Mengontrol tampilan dari web page dan contentnya.
    • Mempublikasikan dokumen secara online sehingga bisa di akses dari seluruh dunia.
    • Membuat online form yang bisa digunakan untuk menangani pendaftaran, transaksi secara online.
    • Menambah objek seperti image, audi, video dan juga java applet dalam dokumen HTML.
    Browser dan Editor
    • Browser
    Browser merupakan software yang di install di mesin client yang berfungsi untuk menterjemahkan tag - tag HTML menjadi halaman web. Browser yang sering di gunakan biasanya Internet Explorer, Netscape Navigator dan masih banyak lagi.
    • Editor
    Program yang digunakan untuk membuat dokumen HTML, ada banyak HTML editor yang bisa anda gunakan diantaranya : Ms FrontPage, Dreamweaver, Notepad dan lain sebagainya.

    Tag - Tag HTML
    Command HTML biasanya disebut TAG, TAG digunakan untuk menentukan tampilan dari dokumen HTML
    Contoh : Setiap dokument HTML diawali dan diakhiri dengan tag HTML
    <HTML>
    Comment
    <HTML>

    Tag tidak case sensitive, jadi anda bisa gunakan <HTML> atau <html> keduanya menghasilkan output yang sama. Penulis sarankan untuk melatih ke program selanjutnya sebaiknya gunakan dengan huruf kecil semuanya atau sesuai dengan kebutuhan anda.
    Bentuk dari tag HTML sebagai berikut

    <ELEMENT ATTRIBUTE = value>

    Element - nama tag
    Attribute - atribut dari tag
    Value - nilai dari atribut

    Tag memiliki atribut dimana atribut ini akan melengkapi informasi mengenai elemen HTML pada halaman yang anda buat, misalkan tag <body> akan diberikan atribut bgcolor yang akan disampaikan kepada browser bahwa warna dari body adalah hijau maka dapat dituliskan dengan contoh berikut <body bgcolor =Green>

    Berikut ini adalah tag - tag yang dapat digunakan didalam HTML
    klik disini

    Semoga Pengenalan HTML ini menjadi bermanfaat bagi anda yang membacanya, bila tidak keberatan share artikel ini di jejaring sosial anda supaya banyak yang mengetahui artikel ini.
    Terimakasih